proposal bakso bakarku

BAB I
PENDAHULUAN


A. Latar Belakang dan Motivasi Melakukan Usaha
Bisnis makanan merupakan bisnis yang senantiasa bertahan dan terus berkembang seiring dengan meningkatnya kebutuhan kuliner masyarakat. Ada beberapa hal yang membuat bisnis ini terus tumbuh. Pertama, makanan merupakan suatu kebutuhan masyarakat baik sebagai kebutuhan kuliner atau jajanan maaupun kebutuhan pokok. Bisnis makanan memiliki pangsa pasar tersendiri, yaitu pemuda seperti remaja, mahasiswa dan masyarakat penggemar kuliner. Salah satu bisnis makanan yang saat ini digemari adalah bakso. Banyaknya penggemar bakso yang meliputi kalangan bawah sampai kekalangan atas menjadikan bisnis ini sebagai bisnis yang menjanjikan untuk memberikan keuntungan dan tidak mudah mengalami penurunan karna bisnis ini bukan merupakan bisnis musiman. Hal ini yang memotivasi kami dalam membangun dan mengembangkan usaha di bidang makanan/kuliner. Bisnis bakso yang akan dikembangkan ini adalah Bakso Bakar dengan rasa yang lezat. Bisnis ini menyediakan produk bakso yang memberikan cita rasa dan kepuasan tersendiri bagi para konsumen, terutama dalam hal kualitas rasa yang tinggi, bentuk yang besar, padat, kenyal dengan jaminan kebersihan serta memberikan pelayanan yang memuaskan dengan harga yang sangat terjangkau sehingga konsumen dapat menjadi pelanggan setia bakso bakar ini. Bisnis bakso bakar dengan menyewa kios yang terletak di daerah yang memiliki mayarkat yang cukup banyak dengan berbagai aktivitas membuat bisnis ini mudah dijangkau oleh konsumen dan dengan menggunakan gerobak sorong menjadikan bisnis ini mampu mencari konsumenya sendiri di berbagai tempat seperti sekolah, kampus, dan perumahan masyarakat.

B. Justifikasi Pemilihan Objek Usaha
Adapun justifikasi pemilihan jenis usaha Bakso Bakar ini yaitu dengan berbagai alasan seperti tingginya jumlah masyrakat penggemar kuliner atau jajanan khususnya jajanan bakso, proyeksi keuntungan yang dihasilkan cukup besar serta besarnya peluang untuk sukses karna bisnis ini bukan merupakan bisnis musiman dan dapat terus berkembang melalui berbagai kreasi dan inovasi. Keterjangkauan harga dan tempat usaha juga menjadi alasan pemilihan objek usaha ini.

C. Tujuan Usaha yang Hendak Dicapai.
Adapun tujuan usaha ini antara lain sebagai berikut :
1. Mendorong mahasiswa untuk sukses berwirausaha dalam mewujukan mahasiswa yang mandiri, kreatif, inovatif dan kompetitif ditengah persaingan global.
2. Membuka lapangan kerja bagi masyarakat dengan memberikan pekerjaan sebagaimana yang dibutuhkan dalam usaha ini.
3. Menyediakan jajanan bakso bakar dengan citarasa yang khas dan lezat dengan harga yang sangat terjangkau serta memberikan pelayanan yang bersih dan berkualitas untuk memberi kepuasan kepada konsumen.
4. Mencapai target omset sebesar 2 juta per hari
5. Menjadikan usaha bakso bakar ini terus berkembang dengan bertambahnya jumlah outlet dan armada bakso .

BAB II
RENCANA BISNIS

A. Deskripsi Produk
Adapun jenis produk yang ditawarkan pada bisnis ini adalah Bakso Bakar Biasa dan Bakso Bakar Spesial.Bakso bakar biasa disajikan dengan 3 butir bakso dalam satu tusuk sate yang di bakar dan dibubuhi bumbu khas ayam bakar special/tersendiri dengan 2 cita rasa, pedas dan pedas manis. Bakso bakar biasa ini disajikan dalam bungkusan. Bakso bakar oordin disajikan dengan 3 butir bakso dalam satu tusuk sate yang di bakar dan dibubuhi bumbu khas ayam bakar special dengan berbagai cita rasa seperti pedas, pedas manis dan bumbu kacang. Bakso bakar ini disajikan dengan lontong yang diris tipis dan dihidangkan dalam sebuah piring. Disamping menggunakan bumbu ayam bakar tersendiri tanpa penyedap rasa, sajian bakso bakar special ini merupakan kreasi tersendiri dalam bisnis ini. Ini menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen bakso bakar ini.

B. Analisis Potensi dan Peluang Pasar Produk
Bisnis kreasi bakso bakar merupakan bisnis yang memiliki potensi untuk bertahan dan terus berkembang seiring dengan meningkatnya kebutuhan kuliner masyarakat. Kebutuhan kuliner masyarakat akan terus meningkat karena kebutuhan tersebut adalah kebutuhan pangan masyarakat. Bakso bakar yang dijadikan sebagai jajanan murah sehat dan nikmat mampu menarik banyak konsumen seperti pelajar di setiap tingkatan, mahasiswa dan masyarakat. Ini merupakan potensi besar dalam bisnis bakso bakar ini.
Semakin maraknya bisnis bakso di berbagai kota di Indonesia telah menjadikan bisnis ini banyak digemari berbagai pihak, baik sekedar pengisi waktu luang, mendapatkan tambahan pendapatan, maupun ditekuni sebagai mata pencaharian utama. Di berbagai kota besar seperti Yogyakarta, Bali, Bandung dan Jakarta, bisnis bakso secara menakjubkan telah berhasil menciptakan berbagai jenis komunitas baru dari para konsumennya, sebagai contoh; setiap bulan muncul bisnis bakso baru di kota Bandung yang selalu ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai kota lain, sama halnya dengan di kota Yogyakarta dengan pilihan makanan yang sangat unik, terjangkau dan mewakili identitas komunitas tertentu, sehingga semakin lama semakin digemari baik oleh para mahasiswa/mahasiswi, para karyawan eksekutif hingga masyarakat umum. Oleh karna itu kami mencoba memulai, menjalankan dan mengembangkan bisnis bakso bakar ini di kota medan.


C. Mekanisme Produksi Produk
Adapun mekanisme produksi dan penyajian bakso bakar ini adalah sebagai berikut
Bahan :
1. Daging ayam giling 1200 gram
2. Tepung sagu 200 gram
3. Putih telur 4 butir
4. Tusukan sate secukupnya
Bumbu Halus :
1. Bawang putih 8 siung
2. Merica bubuk 4 sendok teh
3. Pala bubuk 1 sendok teh
4. Bumbu kaldu bubuk 1 sendok teh
5. Garam 1 sendok teh
Olesan, Aduk Rata
1. Kecap manis 20 sendok makan
2. Margarin 20 sendok makan,cair
3. saos pedas/ saos manis
Pelengkap oordin :
1. Lontong, potong tipis
2. Sambal kacang, siap saji
3. Acar timun secukupnya
Cara Membuatnya :
1. Baso: campur semua bahan baso bersama bumbu halus, aduk rata
2. Bentuk adonan menjadi bulat-bulat, lalu masukkan dalam air hangat.
3. Rebus baso hingga matang dan terapung, angkat dan tiriskan.
4. Tusuk baso dengan tusukan sate, lalu bakar diatas bara api sambil dioles kecap dan mentega cair hingga kecoklatan, atau saos lalu diangkat.
5. Sajikan bersama pelengkap.


D. Rencana Strategi Pemasaran Produk
 Strategi Produk
Produk yang ditawarkan pada bisnis ini adalah Bakso Bakar Biasa dan Bakso Bakar Spesial.Bakso bakar biasa disajikan dengan 3 butir bakso dalam satu tusuk sate yang di bakar dan dibubuhi bumbu khas ayam bakar special/tersendiri dengan 2 cita rasa, pedas dan pedas manis. Bakso bakar biasa ini disajikan dalam bungkusan. Bakso bakar biasa ini memiliki rasa bumbu dan bakso yang berbeda dari usaha bakso yang lainnya. Bakso bakar oordin disajikan dengan 3 butir bakso dalam satu tusuk sate yang di bakar dan dibubuhi bumbu khas ayam bakar special dengan berbagai cita rasa seperti pedas, pedas manis dan bumbu kacang. Bakso bakar oordin ini disajikan dengan 3 tusuk bakso bakar dan lontong yang diris tipis dan dihidangkan dalam sebuah piring. Disamping menggunakan bumbu ayam bakar tersendiri tanpa penyedap rasa, sajian bakso bakar special ini merupakan kreasi tersendiri dalam bisnis ini. Strategi ini dapat menarik konsumen penikmat bakso bakar.
Produk yang ditawarkan merupakan usaha penjualan bakso bakar keliling. Yang menjadi nilai lebih dari produk ini adalah rasa bakso dan bumbu bakso yang lebih lezat dibandingkan dengan bakso bakar lain. Hal lain yang menjadi nilai lebih adalah
Dekorasi Gerobak Disetting Menarik, penuh warna yang memiliki daya terapi untuk pelanggan. Gerobak diberi nama bakso bakar mas “TRI” yang pelayannya memiliki atribut yang sama. Karyawan juga dibiasakan untuk respek terhadap pelanggan dengan memberikan rasa sopan, senyum, dan akrab. Hal ini diperkirakan akan menambah kekhasan usaha ini.
 Strategi Tempat dan Pemasaran
Penetapan lokasi strategis bisnis bakso bakar ini dilakukan melaui observasi terhadap daerah yang memiliki tingkat keramaian yang tinggi dan memiliki masyarakat di berbagai kalangan seperti pelajar di berbagai tingkatan, mahasiswa dan masyarakat. Dari observasi yang telah dilakukan maka tempat yang dinaggap strategis untuk mendirikan dan mengembangkan usaha ini baik sewa kios maupun gerobak sorong adalah di daerah Pancing. Daerah ini menjadi tempat yang strategis bagi pengembangan usaha ini karan daerah ini terdapat berbagai institusi pendidikan dan swasta seperti Tk- SD Al Hijrah 2, SLTP 23, SLTP 17 Medan, MAN 1, MAN 2, Unimed, UMA, IAIN, Amir Hamzah, UT, Akbid Akper Binalita Sudama dll serta kos-kosan mahasiswa dan masyarkat yang tinggal di daerah pancing. Pemasaran usaha ini dilakukan dengan menyewa tempat sebagai tempat penjualan bakso bakar dan gerobak sorong sebagai sarana penjualan bakso keliling.
 Strategi Harga
Harga yang ditawarkan sangat terjangkau dan mampu bersaing dengan oordinato usaha sejenis. Penawaran harga yang diberikan adalah :
Bakso bakar biasa Rp. 1000,- per tusuk
Bakso Bakar sepesial Rp 4000,- per porsi

E. Sumberdaya Yang Dibutuhkan
1. Sumber daya Manusia
Adapun sumber daya manusia yang dibutuhkan berdasrkan kemampuanya antara lain:
• Pembuat bakso dan bumbu-bumbu yang digunakan
• Penjual produk (bakso bakarbiasa/special)
• Pengelola keuangan
• Pengelola promosi dan pemasaran

No Nama Penugasan
1 Tri Siswandi Syahputra General Manager
2 Fahmi Sahab Manager Oprasional/Produksi
3 Feriansyach Manager Keuangan
4 Aprizal Manager Promosi
5 Irwansyah Manajer Pemasaran
Table Penugasan personil


2. Rancangan Anggaran dan Proyeksi Laba Rugi
a) Rancangan Anggaran (Modal)
Rancangan Anggaran (Modal) Untuk Membuka Usaha Bakso Bakar
Kas (A) Dalam (Rp.)
Keterangan Total
KAS 1.000.000,-
TOTAL 1.000.000,-

Biaya Persediaan Bahan Bakso Dan Bumbu (B)
Dalam (Rp.)
Keteranngan Jumlah Total
Bahan bakso, Bumbu dan pelengkap 1500 Tusuk 1000.000,-
TOTAL 1.000.000,-
Sewa Dibayar Dimuka (C)
Dalam (Rp.)
Keteranngan Periode Pertahun Total
Gedung 1 Tahun 8.000.000 8.000.000,-
TOTAL 8.000.000,-

Aktiva Tetap (D) Dalam (Rupiah)
Nama Aktiva Jumlah Harga Satuan Total Harga
Meja & Kursi 8 Set 300.000,- 2.400.000,-
Kipas Angin 4 Unit 200.000,- 800.000,-
Spanduk 2 Buah 150.000,- 300.000,-
Brosur 1 Rim 300.000,- 300.000,-
Mangkok, Piring, Sendok, dll - 500.000,- 500.000,-
Peralatan memasak - 500.000,- 500.000,-
Peralatan Memanggang 4 Buah 200.000,- 800.000,-
Gerobak 2 Buah 2.000.000,- 4.000.000,-
Etalase sedang 1 Buah 1.500.000,- 1.500.000,-
TOTAL 11.100.000,-

Aktiva Lain-Lain (E)
Dalam (Rp.)
Keterangan Jumlah Harga Satuan Total
Karyawan 5 orang 500.000,- 2.500.000,-
Operasional listrik, air, telepon (1 bln) 500.000,- 500.000,-
TOTAL 3.000.000,-


TOTAL PERKIRAAN BUDGET KESELURUHAN = A + B + C + D + E
= 3.000.000 + 1.000.000 + 10.000.000,- + 15.200.000,-+ 7.000.000,-
= Rp. 36.100.000


Proyeksi Laba Rugi (Tiap Bulan)
Penjualan Produk :
No Produk Harga satuan
(rp) Jumlah Total per hari
(rp) Total perbulan (Rp)
1 Bakso Bakar Biasa 1000,- 1200 tusuk 1.200.000,- 36.000.000,-
2 Bakso Bakar Spesial 4000,- 100 porsi 400.000,- 12.000.000,-
Total 1.600.000,- 48.000.000,-

Pengeluaran
No Uraian Harga satuan
(rp) Jumlah Total per hari
(rp) Total perbulan (Rp)
1 Biaya Produksi - - 1.000.000,- 30.000.000,-
2 Gaji karyawan 500.000,- 5 orang - 2.500.000,-
3. Biaya Listrik, Air dan Telepon 500.000,-
4. Biaya Promosi 500.000,-
5 Biaya Tak terduga 2.000.000
Total 35.500.000,-


Laba Rugi :
Total Penjualan Produk – Total Pengeluaran = Laba Bersih per bulan
48.000.000 - 35.500.000 = 12.500.000,-

F. Manajemen dan Struktur Organisasi
Personil pelaksana merupakan elemen penggerak mekanisme usaha, karena itu elemen yang terlibat dalam manajemen harus benar-benar efektif sehingga dalam mengatur jalannya usaha akan berdampak positif. Adapun struktur manajemen yang akan disusun dalam rangka operasional usaha adalah sebagai berikut :











General Manager : Bertanggung jawab memberikan arahan dan menerima usul dari
masing-masing manajer untuk kelangsungan usaha dan sebagai
koordinator.
Manajer Pemasaran :Bertanggung jawab untuk mempromosikan usaha demi kelangsung usaha serta menganalis perkembangan pasar
Manajer Operasional : Bertanggung jawab terhadap operasional usaha
Manajer Keuangan : Bertanggung jawab mengelola keuangan usaha.
Manajer Promosi : Bertanggung jawab untuk mempromosikan usaha.

Dalam mengembangkan sebuah usaha perlu adanya manjemen yang baik dan komitmen yang dibarengi dengan sikap dan prilaku yang baik. Komitmen merupakan suatu hal mendasar yang wajib dimiliki setiap yang terlibat dalam usaha ini yang berhubungan dengan komitmen untuk mau bekerja keras, terbuka, saling berbagi, saling percaya, agar segala permasalahan yang dihadapi dapat terselesaikan. Selain itu diperlukan juga komitmen yang sifatnya eksternal misalnya komitmen untuk memberikan yang terbaik pada langganan dengan selalu bersikap ramah dan sopan. Selanjutnya Setiap anggota yang terlibat dalam organisasi usaha ini harus memiliki sikap moral yang baik sehingga akan memberikan kenyamanan bagi pelanggan serta untuk menjaga kesolidan antar anggota organisasi usaha.

G. Indikator Pencapaian Tujuan
Adapun indicator Pencapaian Tujuan usaha ini antara lain sebagai berikut:
1. Berdirinya usaha Bakso Bakar Mas Tri
2. Tercapainya target pendapatan perharinya
3. Penambahan Armada/gerobak setiap 4 bulan sekali
4. Pengembalian modal sebesar 50% dalam waktu 6 bulan

H. Jadwal Kegiatan

I. Bulan Pertama
No Uraian Kegiatan Minggu
I II III IV
1 Pembelian bahan-bahan produksi
2 Pembelian Peralatan dan perlengkapan produksi
3 Pembuatan armada/ gerobak sorong
4 Pembuatan brosur sebagai promosi awal
5 Penjualan Perdana (Launching)

II. Bulan Kedua
No Uraian Kegiatan Minggu
I II III IV
1 Pembelian bahan-bahan produksi
2 Penjualan Produk
3 Promosi usaha melelui brosur
4 Penyusunan Laporan bulanan

III. Bulan Ketiga
No Uraian Kegiatan Minggu
I II III IV
1 Pembelian bahan-bahan produksi
2 Penjualan Produk
3 Promosi usaha melalui brosur
4 Penyusunan Laporan bulanan

IV. Bulan Ke Empat
No Uraian Kegiatan Minggu
I II III IV
1 Pembelian bahan-bahan produksi
2 Penjualan Produk
3 Promosi usaha melalui brosur
4 Penyusunan Laporan bulanan
5 Pembuatan Armada Baru


V. Bulan Ke Lima
No Uraian Kegiatan Minggu
I II III IV
1 Pembelian bahan-bahan produksi
2 Penjualan Produk
3 Promosi usaha melalui brosur
4 Penyusunan Laporan bulanan
5 Pembuatan Armada Baru

VI.Bulan Ke Enam
No Uraian Kegiatan Minggu
I II III IV
1 Pembelian bahan-bahan produksi
2 Penjualan Produk
3 Promosi usaha melalui brosur
4 Penyusunan Laporan bulanan
5 Pembuatan 1 unit Armada Baru
6 Pengembalian Pinjaman Modal sebesar 50%

VII. Bulan Ke Tujuh
No Uraian Kegiatan Minggu
I II III IV
1 Pembelian bahan-bahan produksi
2 Penjualan Produk
3 Promosi usaha melalui brosur
4 Penyusunan Laporan bulanan

VIII. Bulan Ke Delapan
No Uraian Kegiatan Minggu
I II III IV
1 Pembelian bahan-bahan produksi
2 Penjualan Produk
3 Promosi usaha melalui brosur
4 Penyusunan Laporan bulanan
5 Pembuatan Armada Baru

IX. Bulan Ke Sembilan
No Uraian Kegiatan Minggu
I II III IV
1 Pembelian bahan-bahan produksi
2 Penjualan Produk
3 Promosi usaha melalui brosur
4 Penyusunan Laporan bulanan



X. Bulan ke Sepuluh
No Uraian Kegiatan Minggu
I II III IV
1 Pembelian bahan-bahan produksi
2 Penjualan Produk
3 Promosi usaha melalui brosur
4 Penyusunan Laporan bulanan

XI. Bulan Ke Sebelas
No Uraian Kegiatan Minggu
I II III IV
1 Pembelian bahan-bahan produksi
2 Penjualan Produk
3 Promosi usaha melalui brosur
4 Penyusunan Laporan bulanan

XII. Bulan Ke Dua Belas
No Uraian Kegiatan Minggu
I II III IV
1 Pembelian bahan-bahan produksi
2 Penjualan Produk
3 Promosi usaha melalui brosur
4 Penyusunan Laporan bulanan
5 Pembuatan 1 unit Armada Baru
6 Pengembalian 50 % sisa pinjaman




















LAMPIRAN 3

Bakso bakar spesial yang akan disajikan














Bakso bakar biasa

2 Responses to "proposal bakso bakarku"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel