2 hari 2 Malam di Kota Terdingin di Sumatera Utara.

Hari ini kami akan berangkat ke brastagi. Tujuan kami yang utama adalah refreshing di mikke holiday. Kami adalah asisten laboratorium elektronika fisika. Sebenarnya agenda ini sudah lama dibicarakan namun baru hari ini bisa terlaksana. Syukurlah.

Perjalanan dimulai dari simpang pos. Kami ( tri siswandi, putri, lukman, laila dan yusraidah) menyepakati untuk berangkat bersama dari simpang pos. Karna kami hanya membawa 2 speda motor, kamipun meminta sukarelawan untuk naik bus. Akhirnya aku (tri) dan yusraidah naik bus.

Perjalanan dengan bus sutra sangat melelahkan, mulai dari naik ke atap mobil, dikemas seperti barang (untuk mengelabuhi polisi) dan berdiri di dalam mobil. Ini dikarenakan jumlah mobil yang ada tidak sesuai dengan jumlah calon penumpang. Akhirnya setelah 2 jam-an, kamipun tiba di Mikke holiday, tempat permainan yang akan kami kunjungi. Aku tanya harga hotel di mikke ternyata lumayan mahal. Harga termurah adalah 780.000 per kamar. Terlihat semua berpikir dua kali. Akhirnya kami mencari hotel lain di brastagi. Tibalah kami di hotel green holiday, dengan tarif 300.000/malam kamipun memesan 2 kamar. Satu untuk kamar laki-laki, dan satu untuk kamar perempuan.

Sore hari kami mengelilingi daerah brastagi. Udara dingin menusuk tulang kami. Secara fisika, udara dingin bisa dijelaskan dengan konsep fisika PV = RT. Dimana P merupakan tekanan, V adalah volume spesifik, R adalah tetapan gas dan T adalah temperatur selain itu untuk gas ideal (di sini kita mengasumsikan atmosfer sebagai gas ideal) juga berlaku ketentuan bahwa laju penurunan tekanan berbanding lurus dengan laju penurunan suhu.

Sehingga ketika kita ke tempat yang tinggi tekanan udara semakin rendah sehingga suhu udara pun menurun. Itulah salah satu hal yang menyebabkan di pegunungan suhu udara lebih dingin dari suhu di dekat laut.

Perjalanan menelusuri brastagi sangat mengasyikan. Kami pun singgah ke gundaling. daerah bukit yang biasa dikunjungi oleh wisatawan asing maupun domestik.

Ban speda motor berjalan kencang diiringi rintikan hujan yang sangat dingin. Kami sangat berhati-hati dalam mengendarai kendaraan. Sebab kami takut ban speda motor kami terselip. Maklum jika hujan seperti ini koefisien gesek jalanan rendah. Maka secara fisika ini tidak bagus untuk ngebut.

Malam hari kami berkunjung ke abang saya, dedi syafrizal. Bercerita tentang kehidupan masyarakat karo. Asyik cerita kamipun menyinggung laboratorium fisika yang ada di unimed. Banyak ide yang tercetus dalam pembicaraan ini, salah satunya adalah penambahan alat lab dan penambahan materi ajar serta pembaharuan konsep penyelenggaraan praktikum. Ini akan menjadi masukan untuk pak rahmadsyah sebagai kepala lab yang baru.

Esok hari kami bergegas check Out dari hotel green garden. Tepat jam 11 kami sampai di Mikke Holiday. Dengan membayar 48 ribu, kami bisa bermain hampir keseluruhan permainan yang ada di mikke holiday.

Permainan di funland, mikkey holiday lumayan banyak. Ada Koomba Dance, T- Rex, Splash, Gold Rush Coaster, Flying Fish, crazy Bull dll. Semua memacu adrenalin. Keseluruhan permainan membuat kami banyak yang mabok (muntah).

Permainan yang ada semuanya berdasarkan prinsip fisika, terutama prinsip gaya sentripetal, gerak jatuh bebas, kesetimbangan benda tegar, gesekan, gaya, listrik dan Energi. Sesembari bermain kamipun melihat fenomena fisika ini yang sangat masuk akal. Ya lumayan lah dapat ilmu dari permainan yang kami mainkan. Permainan yang paling menantang adalah t-rex. Melihatnya saja sudah membuat semangat menciut. Kamipun sebagian memberanikan diri untuk menaikinya. Benar saja, badan ini terasa dicampakan ke atas, bawah, kiri, kanan, berputar-putar dengan kecepatan yang tinggi. sebagian peserta muntah, namun sebagian malah ketagihan sampai bermain selama 3 kali secara berkelanjutan. Itu yang aku lakukan bersama lukman.

Akhirnya dengan badan lemas tak semangat, kamipun bergegas pulang. Sebuah pengalaman pertama bersama teman-teman asisten fisika yang sangat unik. Tidak terlihat raut serius seperti saat mengajar di laboratorium. Ini sangat baik untuk dilanjutkan.

Sebuah perjalanan liburan tentu akan bermanfaat untuk merefreshingkan sejenak otak kita sembari mencari inspirasi baru. Semoga bermanfaat.

0 Response to "2 hari 2 Malam di Kota Terdingin di Sumatera Utara."